Jumat, 18 Januari 2013

MALANG - Candi Kidal

Malang, 3 September 2012

Candi merupakan salah satu tempat yang aku sukai untuk dikunjungi..

Membayangkan apa yang terjadi di saat yang sama beberapa abad yang lalu membuatku 'trance' berlebihan ya? Mungkin..
Seperti kunjungan di bulan Maret yang lalu, kali ini kami ke candi-candi di sekitar kota Malang saja, deket-deket rumah saja..

Kunjungan pertama di Minggu pagi ini adalah ke Candi Kidal.. kompleks candi yang bernuansa magis, sakral... menyenangkan sekali tapi sayang di kiri-kanan kompleks candi ini adalah peternakan ayam milik warga.. yang aromanya sangat mengganggu..

Candi ini dinamakan Kidal karena letaknya berada di suatu daerah yang bernama Kidal. Daerah tersebut bernama Desa Kidalrejo wilayah Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang.

Nama Kidal disebut-sebut dalam Kitab Pararaton sebagai tempat Pendharmaan Raja Anusapati. Dalam Kitab disebutkan "Lina sang Anusapati 1 caka 1171, dhinarma sira ring Kidal" (meninggal sang Anusapati pada tahun saka 1171, didharmakan di Kidal)*

Kitab Negarakertagama yang selesai ditulis pada tahun 1365 oleh Mpu Prapanca pada jaman Majapahit menyebut-nyebut tentang daerah yang bernama Kidal. Dalam Pupuh 37 bait ke7 menyebutkan adanya suatu pendharmaan yang dikunjungi oleh Raja Hayamwuruk di daerah Kidal, yaitu 'warnnan/muwah lari narecwarenjin umaren sudharmma ri kidal'*











* buku yang dijual di bagian Reception Candi Kidal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar