Selasa, 23 April 2013

BENE - masa REMAJA (6)


Golf Clinic - Araya Golf

Sekarang Bene kelas 10 di SMKN-2 Malang, jurusan Akomodasi Perhotelan. Perkembangan kemampuan-nya masih naik turun. Jika dia menyenangi satu hal, Bene akan mengutarakannya berkali-kali, sehingga kita harus sering-sering mengingatkannya, dan seringkali cara  itu menyinggung perasaannya sehingga terjadi keributan disana-sini, kalau sudah begitu suasana rumah jadi panas dan kacau balau..

Bene sangat menyukai sekolah barunya, karena dia belajar di sekolah Kejuruan sehingga bisa mengikuti praktek ini itu, yang tampak jelas dan tidak abstrak. Karena Bene mengalami kesulitan dalam berpikir abstrak.

Saat menempuh pendidikan di SMK ini Bene baru aku bukakan akun di FB, mungkin agak terlambat bagi kita pada umumnya, tapi Bene justru sedang senang-senangnya berkomunikasi di soc-med ini, meskipun dengan bahasa yang kadang janggal, Bene mau berteman dan teman-temannya pun mau berteman dengannya. Bene merasa diterima di lingkungannya :) 

Tapi kayaknya temen-temennya banyak cewek nih... tiap pulang sekolah pasti Bene cerita ada teman baru yang add dia di FB nya.. gayaaa..!!

Kegiatan Bene sekarang masih mirip dengan sebelumnya, yaitu :

  • Terapi untuk perilaku dan kemampuan seminggu sekali, dengan bu Yosi
  • Les pelajaran, belajar bersama dengan guru SMP nya (bu Lilik), yang kadang Bene agak ngelunjak.. :P 
  • Golf Clinic dengan instruktur Pak Is di Araya Golf, untuk memberi keahlian yang lain dan unik dan untuk meningkatkan rasa percaya dirinya.
  • Mengikuti pembinaan di Gereja sebagai calon penerima sakramen Krisma


Golf Clinic - Araya Golf

Golf Clinic - Araya Golf

Golf Clinic - Araya Golf

Bene sekarang rajin membantu pekerjaan rumah harian, bangun pagi pun tidak pernah terlambat.. untuk masalah ketertiban waktu Bene cenderung lebih tertib dibanding adik-adiknya (sebenarnya merupakan ciri khas penyandang autis yang monoton).

Suatu kali Bene menyampaikan banyak keinginannya untuk menjadi siswa reguler (Bene  tanggal 10 Juni 2013 nanti akan menginjak 17 tahun dan dia tahu  akan mendapatkan KTP) dan ingin sekali 'sembuh' dari autis-nya, karena itu dia berharap dapat :
  • Kuliah dan bekerja selepas 'tamat' SMK
  • Ingin kursus piano (lagi)
  • Ingin melanjutkan kursus drum (lagi)
  • Ingin belajar melukis (lagi)
  • Ingin menjadi penulis
  • Ingin bisa mengemudi mobil
Banyak sekali keinginannya sekarang.. dulu Bene hanya pasrah saja dengan aturan dan arahan dari orang-orang sekitarnya.

Gambar Bene di waktu senggang

Gambar Bene di waktu senggang


Sehari-hari Bene menggambar di waktu senggangnya, dengan media pensil warna dan crayon. Menuliskan apa yang dia ingin tuangkan di buku jurnalnya (akhirnya memaksa Gadis untuk membantu membuatkan blog bagi kakaknya) yang sampai sekarang masih kosong karena belum sempat diisinya. 

Gambar Bene di waktu senggang

Gambar Bene di waktu senggang

Gambar Bene di waktu senggang

Bene juga rajin mempraktekkan pelajaran melipat napkin dan difoto dengan HP barunya.. kemudian meng-upload nya di akun FB nya.. dan akan sangat bahagia sekali jika kemudian dikomen oleh saudara dan teman sekolahnya..

Hobby baru - mengabadikan menu di restaurant

Hobby baru - mengabadikan menu di restaurant
Pada akhirnya kami punya tugas tambahan yaitu mengingatkan Bene untuk memotret makanan-makanan di restoran yang kami kunjungi, mengabadikan suasana hotel (dari lobi, restoran, kamar, fasilitas umum dll) agar Bene bisa membayangkan teori vs praktek seperti yang telah didapatkannya di sekolah.. 

Sekarang keluarga kami punya agenda baru, yaitu menyusun rencana liburan jauh hari sebelumnya disesuaikan dengan cuti Vino, menyusun kegiatan-kegiatan ABG day-to-day dalam bentuk proposal, menyusun anggaran, praktek fotografi, menulis laporan, presentasi dan kemudian mempertanggung-jawabkannya di seluruh anggota keluarga. Semua kegiatan itu melibatkan Bene dan adik-adiknya, merupakan program liburan, belajar dan sekaligus terapi.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar