Senin, 22 April 2013

BENE - sebelum kita tahu... (1)

Pada tahun 1998 ketika diputuskan untuk pindah ke Malang, dan aku harus PP Sub-Mlg tiap hari untuk kerja.. Ternyata aku tidak sendiri dan ternyata hal  itu bukanlah sesuatu yang sangat berat dan harus diratapi..

Bene sudah berusia 2 tahun dan kemudian lebih 1, 2, 3 bulan dan seterusnya..
Ada sesuatu yang tidak sesuai dalam perkembangan dirinya.. Fisiknya tumbuh berkembang wajar.. tapi mengapa Bene tidak memiliki kosa kata yang cukup untuk anak seusianya??

Penasaran? Pasti..!! Beberapa dokter sudah dihubungi tapi hampir semuanya menjawab tidak ada masalah.. malah ada seorang yang menyatakan dirinya ahli, tapi me'label' sesuatu yang menyakitkan tanpa ada pemeriksaan.. Sumpah sampai saat ini jika  mengingat-ingat peristiwa itu, aku masih marah.


Lomba foto model Wyeth
Lomba foto Wyeth Ciputra Klub Keluarga
Ok lah, sembari penasaran sebagaimana layaknya orang tua baru, kami pun memutuskan untuk menyekolahkan Bene di Play Group dekat rumah. Dengan pertimbangan agar Bene bisa bersosialisasi dan tertarik untuk berkomunikasi.

Awal yang berat, karena Bene tidak tahan untuk duduk tenang dan masuk kelas. Saat teman sekelasnya tertib masuk ke dalam ruang kelas dan belajar, adalah saat yang ditunggu Bene untuk meng-eksplore seluruh permainan 'motorik kasar' tanpa lelah. Ayunan, jungkat-jungkit, prosotan dll..

Pada saat Play Group Bene sempat mengikuti lomba fashion show.. dan mendapatkan juara II. Lihat mimik dan senyumnya.. polos, ceria dan bahagia luar biasa.

Juara II Lomba Fashion Show - Play Group Tadika Puri 

Menyadari bahwa ada yang 'salah' kami pun tetap melibatkan dalam kegiatan di sekolahnya meskipun tidak mudah.. foto-foto dengan pakaian adat yang berbahan kasar juga membuatnya sangat 'gelisah' juga label pada kaos/pakainnya sangat menyiksanya..

Perayaan Hari Kartini - th 1999

Sebenarnya tanda-tanda itu sudah tampak tapi kami tidak tahu.. Aku dan Vino hanya menyadari 'ada sesuatu yang tidak benar' tetapi apa..?

Pada saat kami pergi ke supermarket, ada ceiling fan yang menarik perhatian Bene, sampai kepalanya berputar saat digendong. Di toko mainan pun Bene juga mempunyai minat terhadap permainan mobil-mobilan, tapiiiii hanya di balik dan memutar roda-rodanya..

Beberapa permainan yang dimilikinya.. hanya dijajar-jajarkan di meja ruang tamu rumah yangkung-yangti.. dan diintip dari sisi yang ganjil dari sana-sini... Kami belum tahu apakah itu..

Lomba Busana + kacamata cilik th 2000 TK Selaras Cita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar