Selasa, 18 Juni 2013

GADIS : Awalnya dia ogah sekolah...

Ide awalnya untuk menyekolahkan Gadis adalah supaya punya dia punya teman..  karena hari-hari ditinggal kerja dan hanya bersama adik, kakak dan embak di rumah.

Tapi usianya masih sangat muda, pernah sedikit diskusi dengan yang lebih ahli, jika tidak ada yang mendesak tidak perlulah masuk Kelompok Bermain. Tapi karena sang kakak dulu juga masuk Kelompok Bermain, hal yang sama kami tawarkan kepadanya, saat itu sekitar bulan Februari-April 2003. Karena pada umumnya sekolah-sekolah KB/TK masih menawarkan paket diskon.. Uppsss..!!

Alih-alih mendapatkan special rate, sang balita menolak sekolah.. kira-kira begini percakapan kami saat itu :

B (bunda) : Dis, mau sekolah ya?
MG (Gadis, 3th lebih dikit) : Aku dak mau cekolah..
B : Kenapa??
MG : Aku dak punya cagam (seragam)
B : Kan bisa beli nanti..
MG : ... ngeloyor pergi tidak menjawab... 
pokoknya tidak mau sekolah..!!

Di lain kesempatan, karena takut kehilangan golden period (baca : Discount Period), sekali lagi aku memberikan penawaran yang sama kepada Gadis

B : Dis, mau sekolah ya?
MG : Dak mau..!
B : Kenapa gak mau sekolah?
MG : Cekolahnya libul...!!
Halaah.. banyak bener alasannya...

Setelah itu aku mulai melupakan rencana untuk me'maksa' Gadis bersekolah demi diskon.. dan menunggu saja kapan dia pingin sekolah..

Ternyata, menjelang 2 minggu tahun ajaran baru.. Gadis minta sekolah.. kalang kabut aku pergi ke sekolah yang berjarak 200 meter dari rumah untuk mendaftar, terjadi perhitungan rumit, karena usianya saat masuk nanti adalah 3 tahun 6 bulan..

Plan A
Kalau masuk Kelompok Bermain usianya memang sudah pas banget, tapi jadwal belajar full 1 minggu... haaahh??? dan tahun depan musti masuk TK (artinya, bayar lagi donggg..!!)

Plan B
Kalau masuk TK, syarat usia masuk kategori 'ngepres' 3,5 th. Beban belajar 6 hari kerja full, tapi tahun depan tidak perlu pindah jenjang (maksudnya???? tidak bayar uang pangkal lageeee)

Akhirnya diputuskan masuk TK A.. Tapi aku kehilangan peluang besar... karena pendataran last minute... lenyaplah kesempatan mendapatkan diskon 20%.. Oughhh.. (ketahuan banget faktor ekonomi menempati urutan teratas sebagai dasar pertimbangan) wkwkwkw...

Persyaratam adminstratif segera dilengkapi, akte kelahiran, KK, dan sejumlah uang.. tapi pas foto belum ada... Pergilah kami ke studio foto di pusat kota. Karena fasilitas foto digital masih merupakan teknologi baru, akhirnya dengan sedikit mahal, terjepretlah juga pas foto pertama Gadis..

Ketika proses pengambiilan gambar, terjadi sedikit perang urat syaraf..

B : Dis.. ngadep kamera
MG : ... (cemberut dan tetap menundukkan kepala sambil memainkan ujung blus nya)
B : Dis... ayo senyum..!
MG : Aku dak bisa senyum..

Sebelum perdebatan panjang... 
Tadaaaa..!! akhirnya This is IT.. pas foto pertama Skolastika Gadis Tabita... 

Aku dak bisa senyum..!!!


5 komentar: