Selasa, 18 Juni 2013

GADIS : Beban berat masa TK

Sekolah TK di kompleks / dekat rumah ini kayaknya sok-sok idealis.. karena ada pelajaran Bahasa Jerman..! Wajib ikut ekstra kurikuler di luar jam sekolah. Khusus Subject Bhs Jerman sempet buat senewen. Karena aku belajar bahasa ini sudah lama banget, itupun nilainya kadang bagus kadang tiarap.. cuma tante Renny aja yang selalu bagus..



Saat penerimaan rapot TK A, nilai Gadis biasa-biaa saja.. aku liat pelajaran calistung (Baca Tulis Berhitung) nilainya juga litani C... darimana menilainya..?

Ternyata mereka punya formulanya, tiap "test' mereka kalkulasi dan dibagi rata-ratanya untuk mendapatkan nilai akhir.. Heitssss... Bukanya TK adalah masa bermain..?? Sedangkan test untuk masing-masing Subject bisa sampai 8 kali.. upsss berat benar bebannya..

Gadis saat final (kata embak..) Lomba membaca cerita


Mana saat itu Gadis ikut extra-kurikuler Calistung (alasan supaya kami tidak perlu repot-repot mengajari) juga Bahasa Inggris.. :(

Gadis yang sejak sangat kecil hobi tidur dan susah bangun, tentu saja sangat berat harus ikut ekstra jam 15:00. Berdasarkan laporan si Mbak, seringkali Gadis berjalan ke sekolah sambil tidur.. hadeeeh..

Balik lagi ke rapotan kenaikan, ketika buku kegiatan menulis kubuka-buka.. astagaahh susah-susah amat..
contoh : Kembang mawar..
ada akhiran 'ng' ... dan 'r'
Dan banyak kalimat-kalimat susah lainnya untuk ukuran anak TK kelas A.

Aku panik pun  tidak yakin Gadis bisa membacanya, maka dari itu aku sodorkan satu kalimat yang ada dalam buku catatannya dan kuminta dia baca..

NG : Aku gak tau bacanya apa..
B : Kok kamu bisa nulisnya?
NG : Aku nyontek.. 
Dhuenggg

Untuk itu, saat TK B, aku lebih terlibat dalam proses belajarnya. Ketika membuka modul pelajaran Bahasa Jerman, tak sedikitpun Gadis hafal warna-warna dalam Bhs Jerman, nama binatang, juga beberapa salutation..

Langkah pertama, buka Kamus Bhs Jerman... tidak berhasil juga, akhirnya kukirim email kepada tante Conny yang menikah dengan warga Jerman untuk cari bocoran tentang kosa kata bahasa asing ini, sampe tante Conny heran kok TK sudah ada pelajaran bahasa asing.. :'(

Hiks.. sumpah bukannya bangga, tapi sekolah ini terlalu memberi beban berlebihan..

Lomba fashion show.. masih susah senyum

On the catwalk... I'm nervous

Ketika sedang belajar Bahasa Jerman, Gadis sangat antusias.. karena ibunya 'sangat telaten dan baik hati menyempatkan waktu belajar bersama'* ... hmmmhmmm.... wkwkwkwkwk (*kalimat ini potensial untuk dibantah..:p)
Tapi karena tuntutan bodi yang sudah lelah seharian kerja Malang-Surabaya, wajarlah kalau aku tak kuat menahan kantuk.. mak sliyuttt.. tertidur, tiba-tiba ada potongan pensil melayang menimpa kepalaku... ternyata anak judes itu melempar kepalaku, karena aku ketiduran..!! Awas koen yo..!

Tapi untungnya, di TK ini Gadis sering tampil entah menari, lomba membaca, fashion show dll.. Efek baiknya sih dia mulai berani... efek buruknya adalah, tiap kegiatan selalu ada biaya untuk foto yang lumayan banyak.. Huh..kenapa gak ngopy aja sih, mesti lho..!!

Eh, iya.. kalo ngeliat foto-foto BALITA nya Gadis, keliatan sedikit nyempluk (untung dikomen sama Oom Joe) karena menjelang masuk TK, aku dan mbak' Sri sepakat mengarang cerita, bahwa Gadis wajib makan banyak supaya diterima, dan... tipu muslihat berhasil.. Gadis menurut, makan banyak dan nyempluk... liat aja foto-fotonya :)

Uhhh... cerdas sekali orang tuanya (tapi jika dibaca Psikolog, pasti metode kami dicela...hmmm mereka tidak tahu betapa 'pertumpahan' darah terjadi jika menyuruh si tengah ini untuk bisa rutin makan 3x sehari..:()




Tidak ada komentar:

Posting Komentar