Rabu, 05 Desember 2012

Bfast @Italy..Lunch @Monaco..Dinner @France.. semacam kesombongan hahaha...



Dari Pisa agenda kami adalah masuk ke Perancis melalui Nice dan Cannes.. Ssst ada sedikit kehebohan saat makan pagi, tiba-tiba mamanya Uut membagikan cerita tentang ‘kejadian’ yang sedianya kami rahasiakan.. karena pasti anggota rombongan yang lain menjadi cemas… kan sudah dibilang mostly anggota rombongan kami udah pada sepuh, khawatir mereka gelisah berlebih… Yup akhirnya peziarahan dilanjutkan..

Oma Maria dan mantunya, Nico tidak bersama kami pagi ini.. karena mereka harus ‘mengejar’ 1 kopor yang ‘terbawa’ grup lain di kota lain negeri ini.. mereka memutuskan naik kereta cepat dll yang membayangkan pun aku tak mampu..

Dalam perjalanan kali ini seperti biasa melewati pemandangan khas Eropa, jalan bebas hambatan yang seolah tak berujung.. di suatu rest area di pinggiran Italy bis kami rehat sebentar.. terjadi kepanikan karena di mini marketnya dipajang berbagai coklat yang WOW.. Sekali lagi grazie tante Koper.. info menarik tentang beli 1 gratis 1…wkwkwk..



Kemudian aku dan mama membeli kopi… this is Italy, time to coffee’ing, seperti pada umumnya orang Eropa yang tidak banyak menggunakan bahasa Inggris, akhirnya terjadilah adegan tunjuk ini tunjuk itu.. done, bayar, pada saat itu customernya adalah aku, mama, dan tante Titik.. kemudian kami menuju barista.. serahkan bill.. tunggu bentar.. pesanan ready.. mana kopi dengan cream sbg topping pilihan mama? Aku menanyakan kepada waitress, dia hanya angkat bahu, then show me the bill, maksudnya no more order, semua sudah dilayani… yahh kok jadi orange juice dan espresso (pilihanku).

Dengan bingung, kami menuju meja dan menikmati apa yang ada.. Menjelang akhir rehat, antar papa dulu ke toilet, eh ketemu tante Titik.. penasaran aku cek orderan tadi, “Tante minumnya tadi salah gak??”
“Iya salah, aku kan pesen orange juice, kok dapetnya es kopi?? Aku bingung, kok disodorin ini, ya daripada puyeng gak bisa ngomongnnya tak ambil aja..”
“Oalaah tante, yo wis kalo gitu, berarti ketuker, soalnya yang order es kopi itu benernya mamaku, dia bingung kok dapetnya orange Juice..!!” wkwkwkw kami pun ngakak bersama di toilet, akrab sekali..

Pasti pada bingung, kenapa aku tidak tukerin aja espresso ku ke mama?? Ya pasti nolaklaaah… kan kopiku selalu pahit.. tanpa gula forever..!!
Aku nawarin untuk incip-incip aja mama udah nyengir-nyengir.. “Haduh kopimu gak enak blas…!” wkwkwkw..

Dalam perjalanan kali ini kami melewati ratusan terowongan.. mulai terjadi kehebohan karena di tanah air keluarga kami mendengar berita kecelakaan bis wisata yang membawa peziarah dari Indonesia.. hampir kami semua dicek pihak keluarga apakah kami baik-baik saja… setelah sibuk berkirim SMS.. dan pulsa langsung habis..menyesal kemudian, terjadi keajaiban.. provider 3 yang semula menjanjikan bisa aktif layanan BB di Eropa.. dan kenyataannya gagal total terkoneksi selama di Italia… tiba-tiba tuuutttt… WELCOME TO FRANCE… provider local yang terpampang di screen ponsel pintar (edisi jadul) ku tertulis ORANGE–F… bbm aktif.. layanan internet, twitter, fb lancarrr sampai akhir perjalanan.. YES…!!!

Setelah berbagai macam kehebohan kecil itu… kami mulai capek dan tertidur.. 200 an terowongan meskipun keren terlalu susah untuk diingat-ingat..

Tak lama kemudian, di kiri jalan tampak yacht, hotel dan bangunan-bangunan mewah.. heitttss MONACO.. “Kita akan singgah di Monaco untuk beristirahat, makan siang juga berziarah ke Kathedral dimana mantan raja dan ratu Monaco dimakamkan..” demikian TL kami mulai bercerita tentang negeri liliput yang kaya dan tidak pernah libur ini..

Dikarenakan kondisi Negara yang sempit, maka bis kami harus diparkir di area yang telah disediakan, untuk selanjutnya kami menuju pusat kota dengan mengendarai bis umum.. dan aku kebagian di deretan paling belakang, bersama tante Titik dan FRANK…

Frank - aku - tante Titik di dalam bis di Monte Carlo
Kemudian TL membawa kami berjalan kaki menuju resto yang terletak di antara rumah dan pertokoan padat, yup… kami makan pizza di Monte Carlo.. pelayan-pelayan sangat ramah.. yang aku heran kadang kupikir aku hanya makan porsi kecil tapi kenapa bisa kenyang sampai dengan saat makan berikut yah..? Ajaib..! Apalagi jika dikomparasikan dengan menu harianku yang sangat susah dipisah dengan nasi, lalap, sambal.. wowowowowo…

Selagi ada waktu jeda kami beli-beli souvenir Monaco yang harganya selangit tanpa bisa ditawar.. ngeselin, masa minta tas plastic aja 2 euro.. nggak sudi (jadi itungan.. 2 euro saat itu udah 25 ribu tambah dikit jadi belanja sehari) haha… daripada cuma dapat kresek mending gak usah monsieur..!! Asli aku medit..!! Bahasa kerennya aku lagi kampanya go green... no plastic bag... gayaaa..!!


Kemudian terdengar suara… ngueenggg ngueeenggg, eeeh ternyata ada lomba balap F2 di sirkuit MC, kata TL jadwal F2 ini seminggu mendahului GP F1 minggu yang akan datang, biasanya orang-orang berduit tumplek blek ke Monte Carlo… untungggggg..

Setelah itu kami ke Kathedral Monaco, dan menyempatkan waktu untuk doa Koronka karena waktu setempat telah menujukkan pk 15:00.. dan kembali ke parkiran.. hufft lumayan juga, kami mengalami macet di sini.. 

Dalam perjalanan kami singgah di Pabrik Parfum, mama hanya membeli beberapa batang sabun, selebihnya aku, mama-papa, oma Sandra, tante Sjany (tante Koper) dan suami berfoto-foto saja di taman bunganya.. sambil sesekali mengganggu oma-oma ini.. haha.. jadi volunteer untuk motretin, maklum tante Koper cuma bawa HP buat foto mana kamera digital nya beberapa kali ngedrop baterenya.. olret oma-oma.. 10 euro, ok?? kataku menggoda karena tak satupun ada yang setuju.. :p

Lanjut kita masuk wilayah Perancis.. kami makan malam di kota Nice di suatu resto Thailand.. yang noraknya aku tidak bisa berhenti makan… semuanya enyaaaakkkk… Linda dan aku sepakat bihun kering pucat tabur ebi nya nikmaaattt, rekan semeja kami Lielies dari Bandung dengan telaten mengupas buah apel untuk kami terutama Papa, kelihatan sekali Papa dimanja oleh anggota-anggota rombongan yang lebih muda.. ngalem ya..

Hari ini kupikir-pikir sangat luar biasa sekali, KARENA kami breakfast di Pisa – ITALY kemudian lunch di Monte Carlo – MONACO dannnn dinner di Nice – FRANCE… wow kalo mau dibuat versi INDO mungkin setara… bfast di Surabaya.. makan siang di Situbondo…makan malam di Banyuwangi… wkwkwkw I miss my uniquely INDONESIA….huk huk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar