Senin, 03 Desember 2012

Ini EROPA.. Ini ROMA



la Citta Eterna atau the Eternal City (Kota Abadi),



Sekitar pk 13:00 waktu Roma.… rombongan kami sampailah di Aeroporto Leonardi Da Vinci ato lebih familiar disebut Fiumicino demikian stamp di lembar paspor-ku.. yippieee..!!!



Setelah masuk lift, belok kanan.. jalan sekian meter, kemudian naik kereta 3 menit.. semua atas instruksi TL yang udah 200an kali ke Europe (saat itu) sampailah kami ke bagian Imigrasi dan kemudian menunggu baggage claim.. 

Hihihi.. kok begini-begini aja nih bandara nya… wuaaahhh namanya kopor buanyak banget.. mana mirip-mirip semua, sembari nunggu urusan klaar mampir toilet dulu ah.. Setelah tanya didapat informasi public toilet dekat gate (?) 7.. waduhh.. tapi kok jorse’ mana petugas cleaning service nya galak pula.. 

Dengan pasrah kita masuk aja ke toilet KHUSUS handicap.. habis gak kuat nahan Mang.!!

Wow, ternyata driver bisa kami ganteng ooy.. tapi belum ada ‘keingan poto’ saat itu jadi ya lewatt deh.. o iyaa, kayaknya hampir semua kami oon pas butuh trolley bandara karena harus cemplungin coin 2 euro or tuker dulu di mesin penukar uang..

Intinya.. setelah urusan airport kelar.. kita serombongan, sesuai jadwal akan diajak city tour kota ke Roma.. Kota Abadi.. la Citta Eterna atau the Eternal City hebatnya aku gak merasa apa itu yang disebut  jet-lag dengan belasan jam di pesawat bobok teyussss dan makan teyusss..

Sekitar 30 menit bis mulai memasuki pusat kota, TL menunjukkan kubah yang ternyata Basilica St Peter… ooooooyyy sampe Roma neeeh…!!! 

Sebelum masuk St Peter Square, kami mampir toko souvenir benda-benda rohani.. teriakan TL yang mengingatkan bahaya copet terus berkumandang “Awas copet, awas dompet, paspor, HP” mirip-mirip di terminal.. wkwkwkw.. baidewe, grazie Mr TL..!!

Ketika rombongan masuk ke pelataran St Peter jelas apa yang kami rasakan saat itu, rasanya bibir pingin tersenyum tapi mata berkejap-kejab sangat emosional.. terharu biru.. kami di St Peter Square.. Praise the Lord..!!



Rasanya semua sudut ingin diabadikan dalam kamera, handycam, semuanya.. tapi ironisnya sampai lupa semua..!! Oww itu Pieta, oww itu ada jenazah Beato St Innosentius yang incorrupt, ya ampun itu makam Beato JP-2.. trus kesana lagi.. itu apa, ini apa? Lukisan di langit-langit, patung-patung orang suci.. huah..huah.. AKU BINGUNGGG

Di luar ada holy door.. difoto, pilar difoto.. patung st Peter difoto, kapel Sistine, Obelisk.. sampe pada satu kesempatan tanpa sadar aku dan peziarah lain berhadap-hadapan handycam.. wkwkwkw.. Nyuting saya pak??

Sambil duduk, berdiri, nungging, ndelosor.. sampe kemudian sadar, “Pa, mama dimana??” Mama-ku hilang.. dari jauh kelihatan mama sudah bergabung dengan anggota rombongan yang lain.. AMAN Lanjut foto-foto lagi..


Eh ada Swiss Guard, foto lagi.. massss brooow fotooooo…!!! Tau dong seragamnya kan happening sekali, dari video Nat-Go aku tahu seragam itu dibuat tanpa ukuran layaknya penjahit dan desainernya adalah Komandan Jules Repond, ooo kirain Michelangelo.. ternyata salah kata Wikipedia..

Setelah berkumpul dengan rombongan Mama bercerita, kenapa berpisah dengan kami yang lagi sangat kalap mengabadikan Basilica St Peter ini, rupanya mama nggandeng bule, dikira suaminya.. Bapak Agustinus Priyohutomo.. hidddiihh..


Dalam perjalanan menuju bis, kami dikejar-kejar pedagang asong yang menawarkan Rosario.. seharga 1 euro per buahnya.. masih idealis.. harus beli di toko resmi hmm.. kemakan omongan TL deh..

Dari St Peter kita ke Fontana di Trevi, di sepanjang gang menuju kolam ini adalah toko cindera mata sebenarnya murah looh 1 euro untuk 1 magnet/ gantungan kunci.. nyeseeel gak beli, juga ada beberapa kios Gelato.. nyeselll lagi gak beli gelato disini.. padahal ternyata kami masih menunggu lumayan lama untuk menuju lokasi dinner..

Satu resto Chinese Food adalah tujuan utama kami malam itu, alamaaak sempit restonya, rame pula pengunjungnya.. head waitress nya tereak-tereak mulu.. kayak orang mau makan gratisan… Untung semua kita anggota rombongan saling mengingatkan untuk bersabar.. sebagian dari ujian peziarahan kami sudah dimulai.. teng-tong

Setelah klaar makan, eittss dilarang pulang dulu, tidak boleh ya, karena kita makan ber-shift.. tunggulah di luar, ndoprok di trotoar.. oo..oo..!! 

Jadilah kami pengamat malam itu.. di tengah malam yang benar-benar mulai gelap dan dingin..
 
Kota Roma, kota Abadi :
Tapi kalo nunggu di pinggir jalan ternyata kurang asik, adem, badan mulai lengket pula, jalanan di kota ini berbatu-batu, cenderung sempit, tidak tampak banyak kendaraan berjubel hanya lewat 1 per 1.. didominasi city car, rata-rata nyupirnya ngebut ooy.. tapi asik ah lihat warga aslinya, keluar dari mobil sosok tinggi besar, berambut gelap, mostly ganteng dan cantik, so stylish.. dibalut pakaian berwarna hitam + boot.. bener-bener pelipur lara..

Ujian sabar belum berakhir, awalnya driver kami tidak mau antar ke depan lobi..whattzz?? sebagian besar kami adalah 60 th ke atas.. mana baru kerasa efek penerbangan belasan jam, rasanya rindu bantal oom..! Yang bener aja.. Setelah berputar-putar sekitar 15 menit, akhirnya sampe juga di jalan persis depan hotel, gitu dong.. jangan menyerah pak driver.. Jika kau menyerah kami bisa semaput!! setelah koper komplit, it’s show time..

Public Lift hanya 2 dan sekali lagi dengan masing-masing bawa koper gede + travel bag + hand bag, space lift hotel hanya cukup untuk 2 orang..!! 

trus jam berapa sampe kamar.. itung aja sendiri kalo jumlah anggota rombongan ada 80 so WOW… Sudah diingatkan bahwa ada jasa porter tapi hanya 1.. 

Aseekk.. Mari kita antri lift atoooo angkut dengan menaiki tangga.. Seperti 1 orang peziarah yang mungkin sudah sangat lelah menunggu lift akhirnya memutuskan naik tangga, dan dikejar-kejar hubbynya.. sangat manusiawi.. 

Akhirnya aku menemukan surgaku.. kamar dan bantalku.. ini adalah malam pertama bersama room-mate ku Bu Yati dari Jakarta..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar