Rabu, 21 September 2011

JAWA TIMUR - Family Holiday... East of East Java...#3 Banyuwangi

Perjalanan menuju Banyuwangi sungguh melelahkan, terutama bagi yang nyupir :)

Sekitar pk 15, kami memasuki gerbang TN BALURAN, karena informasi dari TV juga jadi pingin suatu saat menikmati keragaman fauna safari Africa a la Baluran.

Sekitar pk 17 kami tiba di penginapan Ketapang Indah, hotel yang sangat cantik ϑa̐ñ sudah lama aku idam-idamkan dapat bermalam disana. Benar dugaanku, lobi yang cantik, interior ϑa̐ñ lighting yang indah, lansekap yang asri bersama keramahan khas hotelier mengantar kami ke kamar superior triple yang luas...

Tidak membuang-buang waktu.. Adik Raf, MG ϑa̐ñ bunda berenang sejenak di swimming pool di bagian belakang hotel. Brrr dingin...!! Angin kencang dari arah laut memanggil-manggilku untuk menengok ke arah selat Bali... Hayy Bali..! Kali ini kami tidak berlibur di tempat indahmu..

Setelah itu kami ke arah kota untuk sekedar makan malam.. Laperrr. Dapetnya adalah sate ϑa̐ñ gulai kambing.. Hmm lezatt... pilihan yang tepat..!

Hari # 3
Keesokan paginya kami bersegera ke Gereja untuk Misa Minggu di Gereja Katolik Maria Ratu Damai Banyuwangi. Setelah tanya sana-sini sampailah kami di gereja 10 menit sebelum misa dimulai. Rumah Tuhan yang indah, dingin pula.. Aiih AC ϑa̐ñ Fan nyala bersama..

Sedangakan kursi umat hanya terisi setengah.. Dimana umat lainnya? Semoga masih berlibur ϑa̐ñ misa di paroki lain.

Setelahnya kami bfast bersama di resto hotel Ketapang Indah diiringi sayup2 musik osing.. Benar-benar real BWI.. Setelah itu kami memuaskan diri dengan berfoto di seluruh sudut hotel juga di dermaga kayu belakang hotel.

Dalam perjalanan menuju spot berikutnya aku sempatkan menikmati kuliner khas BWI Rujak Soto.. Haha.. Nama yang unik demikian juga dengan tampilannya.. Tapi rasanya 'kena' juga di lidahku.. Segar..pas banget dimakan siang hari.

Tujuan berikutnya adalah Gua Maria Curahjati. Setelah berkendara sekitar 2 jam sampailah di salah satu lokasi ziarah rohani Keuskupan Malang ini. Suasana yang sepi, sejuk ϑa̐ñ wingit mewarnai area ziarah ini. Sekitar 30 menit setelah berdoa ϑa̐ñ nakal sedikit..kami melanjutkan perjalanan ke Kalibaru.

Sekitar pk 17:00 kamipun tiba di Kalibaru Cottage, sejuk ϑa̐ñ hijau. Kami bergegas mandi, kemudian mencari makan malam di pusat kota Kalibaru.. Sesuai instruksi seorang rekan kami mencari toko penjual kopi hasil perkebunan Kalibaru.. Θa̐ñ tragisnya gak nemu..

Malam itu kami beristirahat untuk persiapan perjalanan berikutnya..

Pagi hari.. Semua anggota keluarga masih terlelap.. Aku sempatkan jalan-jalan keliling area cottage, sambil menikmati hijaunya perkebunan kopi dan sejuknya udara di komplaks cottage.

Kalibaru Cottage

Harga makanan di cottage ini lumayan mahal jika dibanding hotel-hotel yang kami tinggali sebelumnya.. Raf ϑa̐ñ MG renang sebelum kami check out. Setelah check out kami jalan2 di sekitar kebun kopi, lada ϑa̐ñ coklat. Juga sejenak menengok proses pembuatan gula jawa. Disempatkan untuk belajar..