Kamis, 23 Januari 2014

LIBUR NATAL 2013 - Misa Natal di BALI (1)

Tidak berlama-lama di Ubud kami pun bermaksud segera kembali ke hotel agar dapat segera beristirahat dan meluncur kembali ke pusat kota Denpasar untuk merayakan Misa Vigili Natal 24 Desember 2013 di Gereja Kathedral..

Ketika sudah masuk area Kuta, Sunset Road.. alamakkkk macet parah.. mulai diserang mules senewen.. meskipun masih sekitar pk 18:30, sangat tidak lucu kalo Misa besar dan sudah direncanakan tapi kami terlambat.. beneran tidak lucu..

1 jam dst.. lho kok majunya hanya semeter-semeter.. sibuklah browsing mencari informasi jadwal misa di FX, telpon teman sana-sini, bbm dll tapi mostly tidak menyarankan karena lokasinya yang di pusat wisata bisa-bisa meskipuna jaraknya lebih dekat tapi waktu tempuhnya lebih kejam... MG dan Raf pun mulai kelelahan.. biar deh mereka tidur daripada ntar misa rewel, supaya mereka lebih segar..


Gimana dong ?? seorang rekan menyarankan untuk mencari jalan tikus tembus ke Seminyak.. tapi mana aku tahu..?? Karena sangking paniknya aku lupa fungsi smart phone... Vino minta aku buka map.. dan dia minta aku baca... huhh ternyata aku buta huruf.. tidak terpikir mencari jalan sudetan.. ketika sedikit tenang.. Vino mengambil alih untuk membaca map, ketahuan deh setelah 1 traffic light di depan, kita bisa belok kiri, dan akan tembus di Jl. Kunti... dan itu adalah sangat dekat sekali dengan akses ke hotel kami... horeeee ayah pinter..!!!

Setelah mandi dan istirahat sebentar, kami kembali meluncur memecah malam menuju Kathedral Roh Kudus di Denpasar.. untuk menyumpal perut, kami hanya membeli beberapa potong roti, daripada kehilangan waktu lagi kalo harus dinner..

Sampai di Renon, misa Natal sebelumnya baru saja usai.. kebayang dong macetnya... NO




Akhirnya tepat pk 22:00 misa dimulai.. suasana haru membayangkan perjuangan kami supaya bisa bergabung bersama umat lainnya di Misa Vigili Natal tahun ini. Suasana syahdu haru berakhir meriah karena kelahiran sang Almasih...

Note :
Pada misa ini Credo/Aku Percaya/Syahadat, menurut Tata Gerak dalam Ekaristi.. umat berdiri..
KHUSUS pada baris..
... Yang dikandung dari Roh Kudus
Dilahirkan oleh Perawan Maria
umat diminta untuk berLUTUT.. sesuai dengan Tata Gerak untuk Misa Besar
Sedangkan untuk misa biasa, umat hanya menunduk.. (sudahkah anda melakukannya??)
Betapa aku cinta liturgi dalam gerejaku..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar